Charger Baterai NICD Otomatis Dengan IC 555

Tuesday, August 21st, 2012 - Charger

Charger baterai NICAD dapat dibuat dengan tambahan rangkaian kontrol otomatis untuk memutuskan arus pengisian baterai secara otomatis pada saat baterai telah terisi secara penuh. Metode monitoring kondisi baterai penuh pada rangkaian charger baterai NICAD otomatis dengan IC 555 ini adalah dengan memonitor tegangan baterai dan membandingkannya dengan tegangan referensi baterai yang dapat diseting sesuai kebutuhan.

Rangkaian charger baterai ini memanfaatkan 2 buah komparator internal IC Timer NE555. Rangkaian Charger Baterai NICD Otomatis Dengan IC 555 ini dapat digunakan untuk mengisi muatan baterai Nicad 2 sampai 4 cell yang dipasang seri sekaligus. Rangkaian Charger Baterai NICD Otomatis Dengan IC 555 ini dapat mengisi baterai Nicad secara langsung dan akan otomatis menghentikan proses pengisian baterai Nicad tersebut apabila baterai Nicad tadi telah penuh. Prinsip kerja dari rangkaian ini adalah membaca titik puncak tegangan battery nicad pada saat kondisi full charge.

Gambar Rangkaian Charger Baterai Otomatis Dengan IC 555

Charger Baterai NICD Otomatis Dengan IC 555,Rangkaian Charger Baterai NICD Otomatis Dengan IC 555,gambar skema Charger Baterai NICD Otomatis Dengan IC 555,charger baterai NICD,charger baterai NICAD,charger otomatis,charger bom otomatis,charger cepat otomatis,NICD charger,NICAD charger,alat charge baterai NICD,rangkaian chrge baterai NICD,pengecas baterai NICD,seting charger baterai NICD,membuat charger baterai BOM,komponen charger baterai NICD,charger baterai,nicad charger,nicad charger 555,Charger Baterai NICD Otomatis Dengan IC555

Rangkaian Charger Baterai NICD Otomatis Dengan IC 555 diatas dapat memutuskan proses charging dengan teknik membaca tegangan puncak battery. Referensi tegangan puncak di set ke 4 x tegangan 1 cell baterai kondisi penuh (1,47 Vot) yaitu 5.88 VDC. Sehingga pada saat ke 4 batrerai tersebut penuh maka komparator internal NE555 akan merespon dan kemudian memutus arus pengisiaqn battery. Apabila ingin menggunakan Charger Baterai NICD Otomatis Dengan IC 555 ini untuk mengisi battery nicad tidak 4 buah maka tinggal mengatur saja tegangan referensi ke nilai tegangan penuh baterai yang diinginkan.

Share Charger Baterai NICD Otomatis Dengan IC 555

Like Dan Ikuti Perkembangan Belajar Elektronika

Artikel Terkait Charger Baterai NICD Otomatis Dengan IC 555