Charger Baterai Otomatis Dengan IC 555

Wednesday, September 26th, 2012 - Charger

Charger Baterai Otomatis Dengan IC 555 merupakan charger batere yang dapat digunakan untuk mengisi muatan aki basah (accumulator). komponen utama yang digunakan pada rangkaian charger batere otomatis ini adalah komparator internal IC NE555 yang difungsikan untuk membaca level tegangan charge batere. Rangkaian ini dapat mengisi accu basah dan setelah muatan terisi penuh maka rangkaian “Charger Baterai Otomatis Dengan IC 555” ini akan memutus arus pengisian secara otomatis. Rangkaian Charger Baterai Otomatis Dengan IC 555 ini menggunakan relay sebagai pemutus arusnya. Rangkaian Charger Baterai Otomatis Dengan IC 555 ini dapat digunakan untuk mengisi accu 12 volt dan 6 volt, tergantung dari seting titik referensi dan pemilihannya. Pembacaan tegangan puncak (full charge) menggunakan komparator yang ada pada IC NE555. Rangkaian ini dilengkapi saklar Starter charging yang berfungsi untuk memulai proses pengisian accu tersebut. Untuk membuat “Charger Baterai Otomatis Dengan IC 555” dapat melihat skema rangkaian dan komponen yang digunakan seperti pada gambar berikut.

Rangkaian Charger Baterai Otomatis Dengan IC 555

Charger Baterai Otomatis Dengan IC 555,Rangkaian Charger Baterai Otomatis Dengan IC 555,charger accumulator,charger aki basah,charger aki basah 6 volt,charger aki basah 12 volt,charger aki,charger otomatis,charger 2 volt,charger 12 volt,harga charger otomatis,jual charger otomatis,kit charger otomatis,modul charger otomatis,alat charger otomatis,membuat charger otomatis,merakit charger otomatis,cara buat charger otomatis,cara seting charger otomatis,rangkaian charger batere otomatis

Rangkaian Charger Baterai Otomatis Dengan IC 555 diatas menggunakan Power Charge berupa transistor NPN A671 dan pembatas arus pengisian adalah R 27 Ohm. Tegangan referensi penanda posisi full charge diatur dengan 2 buah variable resistor 22K dan pemilihannya dengan saklar selektor. Titik yang dipilih saklar tersebut diatur ke 14 Volt untuk Accu 12 Volt dan 7,5 Volt untuk accu 6 volt. Transitor A671 pada rangkaian “Charger Baterai Otomatis Dengan IC 555” dapat diganti dengan tipe yang lebih besar, transistor ini perlu dilengkapi dengan pendingin, karena akan mengeluarkan panas pada saat charger digunakan.

Share Charger Baterai Otomatis Dengan IC 555

Like Dan Ikuti Perkembangan Belajar Elektronika

Artikel Terkait Charger Baterai Otomatis Dengan IC 555