Dasar DAC (Digital To Analog Converter)

Wednesday, October 17th, 2012 - Converter / Inverter

DAC (Digital To Analog Converter) merupakan perangkat elektronik yang berfungsi untuk mengubah data dalam format digital menjadi data sinyal analog. Pada dasarnya DAC (Digital To Analog Converter) dapat dibedakan dalam 2 jenis yaitu DAC jenis Binary Weigh Resistor dan DAC jenis R-2R Laddder. Rangkaian Digital To Analog Converter (DAC) dapat dibangun dengan mudah menggunakan op-amp yang diberi masukan dengan mengatur switch-switch yang mewakili besaran digital. Nilai berlogic 1jika switch dihubungkan dengan supply 5 volt dan logic 0 bila dihubungkan dengan ground/dilepas. Rangkaian Dasar Digital To Analog (DAC) ada 2 jenis yang dapat diuraikan sebagai berikut :

DAC Jenis Binary Weigh Resistor

DAC Jenis Binary Weigh Resistor,Rangkaian DAC Jenis Binary Weigh Resistor,konsep dasar DAC Jenis Binary Weigh Resistor,rangkaian dasar DAC Jenis Binary Weigh Resistor,teori DAC Jenis Binary Weigh Resistor,dasar teori DAC Jenis Binary Weigh Resistor,materi DAC Jenis Binary Weigh Resistor,rumus DAC Jenis Binary Weigh Resistor,prinsip kerja DAC Jenis Binary Weigh Resistor

Pada DAC Jenis Binary Weight Resistor, pemasangan nilai Resistor pada input-input Do, D1, D2 adalah sebagai berikut: nilai R yang ada di D1 adalah ½ dari nilai yang ada di Do, nilai R yang ada di D2 adalah ½ dari nilai yang ada di D1 (atau 1/4 dari R yang ada di D0) dan seterusnya. Pemasangan nilai R yang seperti itu adalah untuk mendapatkan Vout yang linier ( kenaikan per stepnya tetap). Rin dicari dengan mem-parallel nilai-nilai resistor yang ada Pada masing-masing input (D), bila input yang masuk lebih dari satu.

DAC Jenis R-2R LADDER

Rangkaian DAC Jenis R-2R LADDER,DAC Jenis R-2R LADDER,dasar DAC Jenis R-2R LADDER,konsep dasar DAC Jenis R-2R LADDER,teori DAC Jenis R-2R LADDER,dasar teori DAC Jenis R-2R LADDER,prinsip kerja DAC Jenis R-2R LADDER,artikel DAC Jenis R-2R LADDER

Pada DAC Jenis R-2R Ladder pemasangan nilai resistor pada input-input nya adalah R-2R, jadi kalau Nilai R = 10k, maka 2R nya dipasang 20 k. Pemasangan nilairesistor yang seperti itu adalah untuk mendapatkan V out yang linier (kenaikan per step nya tetap).

Share Dasar DAC (Digital To Analog Converter)

Like Dan Ikuti Perkembangan Belajar Elektronika

Artikel Terkait Dasar DAC (Digital To Analog Converter)