Definisi Dan Bagian Robot Line Follower

Sunday, July 15th, 2012 - Robot

Sekilas Tentang Robot Line Follower

Line Follower Robot – sebuah jenis robot yang termasuk kedalam kategori robotmobile yang di desain untuk bekerja secara autonomous dan memiliki kemampuan dapat mendeteksi dan bergerak mengikuti (follows) garis yang ada di permukaan. Sistem kendali yang digunakan dirancang untuk bisa merasakan jalur garis yang ada dan melakukan manuver gerakan agar tetap bisa mengikuti garis tersebut. Robot jenis ini lumayan banyak diminati bagi mereka yang baru belajar teknologi robot. Bahkan kompetisi-kompetisi Line Follower Robot, secara rutin sering diadakan di berbagai universitas di indonesia. Dalam bidang industri, robot jenis ini sering digunakan untuk untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat yang lain. Dengan memodifikasi sedikit sensornya maka robot line follower bisa dikembangkan menjadi Robot Wall Follower, sebuah robot yang bisa bergerak mengitari dinding.

Contoh Robot Line Follower,line follower,robot,robot line follower,sensor robot,sensor line follower,membuat line follower,teori robot line follower,desain line follower,robot follower,motor line follower,sensor cahaya line follower,mikrokontroler line follower,rangkaian line follower,desain line follower,robot pengikut garis,avr robot,robot atmega,robot mcs 51,cara membuat robot,penggerak line follower

Sensor Pada Robot Line Follower

Sensor, dapat dianalogikan sebagai “mata” sebuah robot yang berfungsi untuk membaca garis hitam dari track robot. Sehingga robot mampu mengetahui kapan dia akan berbelok ke kanan, kapan dia berbelok ke kiri dan kapan dia berhenti. Sensor yang digunakan adalah sensor cahaya yang dipasang di bagian depan bawah robot, sehingga mampu mengetahui garis terang dari latar belakang gelap atau sebaliknya. Sensor yang dipakai biasanya photo reflector,LD R (Light Dependent Resistor), Photo Dioda, dan Photo Transistor – yang dipasang dua atau lebih dibagian depan bawah robotline follower. Ada juga yang menggunakan kamera sebagi sensor (atau image sensor) agar resolusi pembacaan garis lebih tinggi, sehingga menjadikan gerakan robot lebih akurat.


Sensor Cahaya  Line Follower Robot,line follower,robot,robot line follower,sensor robot,sensor line follower,membuat line follower,teori robot line follower,desain line follower,robot follower,motor line follower,sensor cahaya line follower,mikrokontroler line follower,rangkaian line follower,desain line follower,robot pengikut garis,avr robot,robot atmega,robot mcs 51,cara membuat robot,penggerak line follower

Prinsip kerja dari sensor tersebut sederhana, Ketika transmitter (infrared) memancarkan cahaya ke bidang berwarna putih, cahaya akan dipantulkan hampir semuanya oleh bidang berwarna putih tersebut. Sebaliknya, ketikatr ans m itter memancarkan cahaya ke bidang berwarna gelap atau hitam, maka cahaya akan banyak diserap oleh bidang gelap tersebut, sehingga cahaya yang masuk kereceiver tinggal sedikit. Agar mampu dibaca oleh mikrokontroler, maka tegangan sensor harus disesuaikan dengan level tegangan TTL yaitu 0 – 1 volt untuk logika 0 dan 3 – 5 volt untuk logika 1. Hal ini bisa dilakukan dengan memasang operational amplifier yang difungsikan sebagai komparator.

Motor Penggerak Pada Robot Line Follower

Untuk menggerakkan Line Follower dapat digunakan 2 pilihan motor yaitu motor DC atau motor servo. Jika ingin menggunakan motor DC, maka harus dipakai motor DC yang sudah terpasang sistem gear ( Geared Motor DC ). Jenis seperti ini masih sulit dijumpai dipasaran, sehingga pilihan sering jatuh ke motor servo. Keuntungan lain dari motor servo adalah motor servo dapat dikontrol langsung dari mikrokontroler PIC16F84 tanpa tambahan IC-Driver lagi.

Robot line follower,robot,robot line follower,sensor robot,sensor line follower,membuat line follower,teori robot line follower,desain line follower,robot follower,motor line follower,sensor cahaya line follower,mikrokontroler line follower,rangkaian line follower,desain line follower,robot pengikut garis,avr robot,robot atmega,robot mcs 51,cara membuat robot,penggerak line follower

Roda Penggerak Pada Robot Line Follower

Roda yang digunakan dalam line follower ini bisa bermacam – macam jenisnya, mulai dari merek, tipe, dimensi dan lain sebagainya. Umumnya Robot Line Follower dikategorikan berdasarkan jumlah roda yang dimilikinya. Mulai dari robot dengan dua roda, tiga roda atau empat roda. Namun yang umum digunakan adalah robot dengan tiga atau empat roda.

Konfigurasi Roda Line Follower,line follower,robot,robot line follower,sensor robot,sensor line follower,membuat line follower,teori robot line follower,desain line follower,robot follower,motor line follower,sensor cahaya line follower,mikrokontroler line follower,rangkaian line follower,desain line follower,robot pengikut garis,avr robot,robot atmega,robot mcs 51,cara membuat robot,penggerak line follower

Sepasang roda yang ditempatkan dibelakang dihubungkan dengan dua motor yang masing – masing memiliki kecepatan yang berdiri sendiri. Hal ini penting agar, robot mampu berbelok ke kiri dan kekanan serta mengatur rotasi putaran yang diinginkan. Sedangkan roda depan bisa menggunakan roda caster yang berfungsi sebagai penyangga. Banyak merek roda caster yang bisa digunakan, salah satunya yang paling terkenal adalah dari pabrikan Tamiya. Namun, tak ada rotan akarpun jadi – jika kita menginginkan yang lebih murah bahkan gratis, bekas rodadeodorant pencegah bau badanpun bisa dimanfaatkan sebagai roda caster.

Mikrokontroler Dalam Robot Line Follower

Banyak jenis mikrokontroller yang bisa digunakan pada robot line follower, beberapa contoh diantaranya adalah AT89C2051 (8051 Core), AT89C51 (8051 Core), ATMega8 (AVR Core), ATmega16 (AVR Core ) dan masih banyak lagi. Pada mikrokontroller, program akan dimasukkan sehingga robot mampu mengatur kecepatan rotasi masing-masing motor dan mampu melakukan gerakan seperti yang diinginkan. Karena kecepatan robot line follower cukup tinggi, maka beberapa algoritma kontrol perlu diterapkan agar robot mampu berjalan mulus. Kontrol itu bisa berupa continous control, PID, fuzzy logic, atau yang lainnya.

Pengaturan kecepatan ini penting terutama jika menghadapi pergantian lintasan, dari lintasan lurus ke tikungan atau sebaliknya dari tikungan ke lintasan lurus. Seperti halnya ketika robot bergerak cepat kemudian menemui tikungan, maka tentu robot akan terpelanting. Untuk itu dibutuhkan rangkaian pengatur kecepatan motor yang dinamis tergantung dari jenis lintasan yang dilalui. Jika robot berjalan lurus, kecepatan robot diusahakan pada tingkat yang maksimal. Jika dalam kondisi tikungan, maka kecepatan dikurangi bergantung pada tingkat ketajaman tikungan. Pada intinya, kecepatan dari robot dibuat fleksibel menurut situasi yang ada dilapangan. Pada robot, pengurangan kecepatan dapat dilakukan dengan menggunakan PWM (Pulse Widht Modulation) controller, yaitu pengurangan kecepatan dengan cara mengurangi arus ke motor.

Share Definisi Dan Bagian Robot Line Follower

Like Dan Ikuti Perkembangan Belajar Elektronika

Artikel Terkait Definisi Dan Bagian Robot Line Follower