Emergency Lamp Menggunakan IC 555

Tuesday, October 30th, 2012 - Lighting

Rangkaian emergency lamp berfungsi untuk menghidupkan lampu neon tanpa menggunakan sumber listrik komersial (PLN) dapat dibuat dengan IC timer 555. Salah satu rangkaian emergency lamp dengan IC 555 dapat dilihat pada gambar rangkaian dibawah. Emergency Lamp menggunakan IC 555 merupakan salah satu solusi untuk penerangan pada saat listrik padam. Rangkaian emergency lamp menggunakan IC 555 ini menggunakan sumber tegangan 12VDC yang dapat disupply dari accu 12V. Rangkaian emergency lamp menggunakan IC 555 ini sangat sederhana dan mudah dibuat karena semua komponen mudah didapat dipasaran. Rangkaian emergency lamp menggunakan IC 555 ini dapat menyalakan lampu 5W-10W. Rangkaian ini dibangun dengan sebuah astabil multivibrator dengan IC 555 yang digunakan untuk mendrive transformator melalui Q1. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat langsung dari rangkaian emergency lamp menggunakan IC 555 berikut.

Rangkaian Emergency Lamp Menggunakan IC 555

Emergency Lamp With 555,Emergency Lamp,Rangkaian Emergency Lamp,Emergency Light,membuat Emergency Lamp With 555,lampu emergency,rangkaian lampu emergency,membuat lampu emergency,lampu emergency sederhana,skema lampu emergency,komponen lampu emergency,lampu darurat,membuat lampu darurat,rangkaian lampu darurat,harga Emergency Lamp,jual Emergency Lamp,cara buat Emergency Lamp,Emergency Lamp kecil,Emergency Lamp murah,kit Emergency Lamp,Emergency Lamp rakitan

Frekuensi kerja rangkaian emergency lamp menggunakan IC 555 ini ditentukan dari konfigurasi R1, R2 dan C2. T1 pada rangkaian emergency lamp menggunakan IC 555 adalah transformator 500mA 10V. Bagian sekunder (0-10V) dihubungkan ke Q1 untuk diberikan sinyal dari multivibrator. Kemudian bagian primer (0-220V) dihubungkan ke lampu.

Untuk membuat rangkaian emergency lamp menggunakan IC 555 pada gambar diata dapat dibuat dengan veroboard karena komponen yang digunakan sedikit. Komponen yang dibutuhkan untuk merakit rangkaian emergency lamp menggunakan IC 555 tersebut mudah diperoleh. Untuk MOSFET Q1 diperlukan pendingin untuk membuat panas yang dihasilkan pada saat rangkaian emergency lamp menggunakan IC ini bekerja.

Share Emergency Lamp Menggunakan IC 555

Like Dan Ikuti Perkembangan Belajar Elektronika

Artikel Terkait Emergency Lamp Menggunakan IC 555