Half Effect Sensor UGN3503U

Tuesday, October 2nd, 2012 - Sensor / Transducer

Hall effect sensor atau sensor medan magnet adalah sensor yang berfungsi untuk mendeteksi medan magnet. Hall Effect sensor memberikan output berupa tegangan yang proporsional dengan kekuatan medan magnet yang diterima oleh sensor tersebut. Sensor hall effect ini diangun dari sebuah lapisan silikon dan dua buah elektroda pada masing-masing sisi silikon. Pada saat tanpa ada pengaruh dari medan magnet maka beda potensial antar kedua elektroda tersebut 0 Volt karena arus listrik mengalir ditengah kedua elektroda. Ketika terdapat medan magnet mempengaruhi sensor ini maka arus yang mengalir akan berbelok mendekati/menjauhi sisi yang dipengaruhi oleh medan magnet. Hal ini menghasilkan beda potensial diantara kedua elektroda dari hall effect sensor, dimana beda potensial tersebut sebanding dengan kuat medan magnet yang diterima oleh hall effect sensor ini.

Prinsip Kerja Half Effect Sensor

Half Effect Sensor,Prinsip kerja Half Effect Sensor,Half Effect Sensor UGN3503U,UGN3503U,diagram blok UGN3503U,diagram blok Half Effect Sensor,sensor medan magnet,Sensor hall effect,sensor UGN3503U,kekuatan medan magnet,output sensor UGN3503U,harga UGN3503U,jual UGN3503U,kit UGN3503U,modul UGN3503U,harga Half Effect Sensor,modul Half Effect Sensor,jual Half Effect Sensor,kit Half Effect Sensor,cara kerja Half Effect Sensor,sistem kerja Half Effect Sensor,definisi Half Effect Sensor,fungsi Half Effect Sensor,karakter Half Effect Sensor,kelebihan Half Effect Sensor,keungulan Half Effect Sensor,

Hall Effect Sensor Tipe UGN3503U

Salah satu contoh hall effect sensor adalah sensor UGN3503U. Sensor UGN3503U ini akan menghasilkan tegangan yang proporsional dengan kekuatan medan magnet yang dideteksi oleh sensor UGN3503U. Sensor UGN3503 ini mempunyai 3 pin yaitu :

  • Pin 1 : VCC, pin tegangan suplai
  • Pin 2 : GND, pin ground
  • Pin 3 : Vout, pin tegangan output.

Diagram Blok Hall Effect Sensor UGN3503U

Half Effect Sensor,Prinsip kerja Half Effect Sensor,Half Effect Sensor UGN3503U,UGN3503U,diagram blok UGN3503U,diagram blok Half Effect Sensor,sensor medan magnet,Sensor hall effect,sensor UGN3503U,kekuatan medan magnet,output sensor UGN3503U,harga UGN3503U,jual UGN3503U,kit UGN3503U,modul UGN3503U,harga Half Effect Sensor,modul Half Effect Sensor,jual Half Effect Sensor,kit Half Effect Sensor,cara kerja Half Effect Sensor,sistem kerja Half Effect Sensor,definisi Half Effect Sensor,fungsi Half Effect Sensor,karakter Half Effect Sensor,kelebihan Half Effect Sensor,keungulan Half Effect Sensor,Sistem Kerja Half Effect Sensor

Di dalam sensor ini sudah dibangun sebuah penguat yang memperkuat sinyal dari rangkaian sensor dan menghasilkan tegangan output ditengah-tengah tegangan suplai. Pada sensor ini jika mendapat pengaruh medan magnet dengan polaritas kutub utara maka akan menghasilkan pengurangan pada tegangan output sebaliknya jika terdapat pengaruh medan magnet dengan polaritas kutub selatan maka akan menghasilkan peningkatan tegangan pada outputnya. Sensor ini dapat merespon perubahan kekuatan medan magnet mulai kekuatan medan magnet yang statis maupun kekuatan medan magnet yang berubah-ubah dengan frekuensi sampai 20KHz.

Sensor hall effect UGN3503 ini dapat disuplai dengan tegangan mulai 4.5V sampai 6V dengan kepekaan perubahan kekuatan medan magnet sampai frekuensi 23KHz. Inti dari sistem ini adalah sensor UGN3503U. Sensor ini akan menghasilkan tegangan output 3V jika tidak ada pengaruh medan magnet pada sensornya. Tegangan output yang dihasilkan oleh sensor UGN3502U belum cukup kuat sehingga masih diperlukan sebuah op amp yang digunakan untuk memperkuat perubahan sinyal pada output sensor UGN3503U tersebut.

Share Half Effect Sensor UGN3503U

Like Dan Ikuti Perkembangan Belajar Elektronika

Artikel Terkait Half Effect Sensor UGN3503U