Interface Untuk AVR ATMega Pada Kendali Elemen Pemanas

Friday, April 25th, 2014 - Microcontroller

Internal interface yang telah disediakan oleh AVR ATMega salah satunya adlaah ADC (Analog to Digital Convertion) yang dapat digunakan untuk menghubungkan sensor analog ke AVR ATMega. Dalam merancang suatu alat elektronika berbasis mikrokontroler AVR ATMega 8535 yang berfungsi sebagai pengendali suatu perangkat berdasarkan data analog dari suatu sensor analog maka diperlukan suatu interface antara sensor analog tersebut dengan mikrokontroler yaitu Analog To Digital Convertion (ADC). Sebagai contoh alat yang seperti di sebut diatas adalah “Pengendali Elemen Pemanas menggunakan sensor suhu LM35 berbasis AVR ATMega 8535”.  Karena yang dikendalikan sudah pasti berupa elemen pemanas, kemudian data hasil pengendalian diperoleh dari sensor suhu LM35 dan sebagai prosesor berupa mikrokontroler AVR ATMega 8535 , maka dapat kita ketahui kebutuhan akan sebuah ADC sebagai interface antara sensor suhu LM35 dengan AVR ATMega dan interface antara AVR ATMega 8535 dengan elemen pemanas.

Interface Antara Sensor Suhu LM35 dengan AVR ATMega 8535

Interface untuk menghubungkan antara sensor suhu LM35 dan AVR ATMega 8535 ternyata tidak perlu dibeli karena dalam AVR ATMega 8535 memiliki feature ADC 10 bit untuk jalur input pada Port A. Sehingga sensor suhu LM35 bisa langsung dihubungkan ke mikrokontroler AVR ATMega 8535 melalui Port A. Berikut adalah bagian ADC yang dimaksud pada AVR ATMega 8535.

ADC AVR ATMega 8535,Interface ADC pada AVR ATMega 8535,Inteface sensor suhu LM35 dengan ADC AVR ATMega 8535,ADC pada AVR,ADC dalam ATMega 8535 untuk interface LM35,aplikasi ADC AVR ATMega,ADC ATMega,Fungsi ADC AVR ATMega,konfigurasi ADC AVR ATMega,membaca sensor dengan ADC AVR ATMega,hubungan AVR ATMega dengan sensor,Interface AVR ATMega dengan sensor dan pemanas,aplikasi AVR ATMega pada pemanas,membuat interface dengan ADC AVR ATMega,rangkaian elektronika interface AVR ATMega dengan ADC pada sensor suhu LM35

Interface Antara AVR ATMega 8535 dengan Elemen Pemanas

Interface untuk menghubungkan antara AVR ATMega 8535 dan elemen pemanas belum terdapat dalam chip AVR ATMega 8535 sehingga kita harus membuat interface tersebut agar elemen pemanas dat dikendalikan oleh AVR ATMega 8535. Untuk membuat interface dimaksud bisa dibuat dengan sederhana, yaitu dengan membuat sebuah rangkaian transistor sebagai saklar yang menggerakan relay untuk dihubungkan dengan elemen pemanas. Atau bisa juga dengan interface sebuah optocoupler (MOC) sebagai driver SCR yang mengendalikan elemen pemanas tersebut.

Share Interface Untuk AVR ATMega Pada Kendali Elemen Pemanas

Like Dan Ikuti Perkembangan Belajar Elektronika

Artikel Terkait Interface Untuk AVR ATMega Pada Kendali Elemen Pemanas