Karakteristik Sensor Ultraviolet (Sensor Api) UV Tron

Karakteristik Sensor Ultraviolet (Sensor Api) UV Tron | 9 out of 10 based on 100 ratings | 1 user reviews
Reviewed by Tim Belajar Elektronika | | Rating: 4.9 | Sensor / Transducer

Sensor Ultraviolet (Sensor Api) UV Tron adalah sensor yang sering digunakan untuk untuk mendeteksi keberadaan sumber api berdasarkan gelombang ultraviolet yang dipancarkan oleh api. Sensor ultraviolet UV tron dapat diaplikasikan dengan mikrokontroler , misalnya sensor ultraviolet UV Tron ini digunakan untuk keperluan mendeteksi sumber api pada robot dalam suatu kontes robot pemadam kebakaran. Akurasi sensor ultraviolet UV Tron ini sangat tinggi terhadap keberadaan sumber api, sehingga sangat cocok untuk keperluan lomba robot pemadam kebakaran yang sumber apinya kecil berupa lilin.

Gelombang Ultraviolet :

Ultraungu (sering disingkat UV, dari bahasa inggris: ultraviolet) adalah gelombang elektromagnetik dengan panjang gelombang yang lebih pendek dari daerah dengan sinar tampak, namun lebih panjang dari sinar-X yang kecil. Radiasi UV dapat dibagi menjadi hampir UV (panjang gelombang: 380-200 nm) dan UV vakum (200-10 nm). Ketika mempertimbangkan pengaruh radiasi UV terhadap kesehatan manusia dan lingkungan, jarak panjang gelombang sering dibagi lagi kepada UVA (380-315 nm), yang juga disebut Gelombang Panjang atau blacklight UVB (315-280 nm), yang juga disebut Gelombang Medium (Medium Wave); dan UVC (280-10 nm), juga disebut Gelombang Pendek (Short Wave). Istilah ultraviolet berarti melebihi ungu (dari bahasa latin ultra, melebihi), sedangkan kata ungu merupakan warna panjang gelombang paling pendek dari cahaya dari sinar tampak. Beberapa hewan, termasuk burung, reptil, dan serangga seperti lebah dapat melihat hingga mencapai hampir UV. Banyak buah-buahan, bunga dan benih terlihat lebih jelas di latar belakang dalam panjang gelombang UV dibandingkan dengan penglihatan warna manusia.

Modul Sensor Ultraviolet UV Tron (sensor Api)

Karakteristik Sensor Ultraviolet (Sensor Api) UV Tron,Sensor Ultraviolet UV Tron,Sensor Ultraviolet ,UV tron,sensor api,detektor api,detektor ultraviolet,teori Sensor Ultraviolet UV Tron,prinsip kerja Sensor Ultraviolet UV Tron,harga Sensor Ultraviolet UV Tron,jual Sensor Ultraviolet UV Tron harga beli Sensor Ultraviolet UV Tron,cara buat rangkaian Sensor Ultraviolet UV Tron,cara buat sensor api,karakteristik sensor api,prinsip kerja sensor api,mengidentifikasi api,cara mendeteksi api,cara seting Sensor Ultraviolet UV Tron,komponen Sensor Ultraviolet UV Tron,Sensor Api UV Tron,teori Sensor Api UV Tron,menggunakan Sensor Api UV Tron,cara menggunakan Sensor Apia beli Sensor Api UV Tron,kit Sensor Api UV Tron,membuat rangkaian Sensor Api UV Tron,skema Sensor Api UV Tron,Sensor Api UV Tron rakitan,modul Sensor Api UV Tron,modul sensor ultraviolet uv tron,uv detektor,karakteristik sensor api,cara menggunakan Sensor Api UV Tron,cara seting Sensor Api UV Tron UV Tron,harga Sensor Api UV Tron

Gambar diatas merupakan salah satu jenis sensor ultraviolet pada api buatan hamamatsu. Sensor ultraviolet atau UV Tron ini adalah detektor ultraviolet yang terbuat dari efek metal photoelektrik yang digabung dengan efek gas campuran. Sensor jenis ini mampu mendeteksi api sebuah lilin kecil sampai sejauh 5 meter. Keunggulan sensor api UV Tron ini membutuhkan konsumsi arus yang rendah dan memiliki sensitifitas yang tinggi. Untuk mengakses data sensor ini sanagatlah mudah karena input outputnya hanya sinyal digital 0 atau 1.

1 Komentar Untuk Artikel " Karakteristik Sensor Ultraviolet (Sensor Api) UV Tron" »

Buat Pesan Untuk Artikel "Karakteristik Sensor Ultraviolet (Sensor Api) UV Tron"

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

0+4 (Wajib di jawab)