Komunikasi Data Wireless Dengan Infra Merah / Infra Red (IR)

Monday, May 19th, 2014 - Tutorial

Komunikasi Data Wireless Dengan Infra Merah / Infra Red (IR) merupakan suatu sistem komunikasi data tanpa kabel menggunakan media transmisi cahaya infra merah (IR). Membuat suatu perangkat komunikasi dengan inframerah (IR) merupakan ide yang sangat aplikatif dan akan sering digunakan. Sebagai contoh suatu perangkat komunikasi data wireless dengan infra merah (IR). Membuat perangkat komunikasi data wireless dengan Infra Merah dapat dibuat dengan sederhana seperti yang ada dalam artikel Komunikasi Data Dengan Infra Merah / Infra Red (IR) ini.

Sistem Kerja Komunikasi Data Wireless Dengan Infra Merah (IR)

Komunikasi data tanpa kabel dengan infra merah pada dasarnya cukup sederhana, yaitu komunikasi ini bekerja dengan prinsip modulasi data dengan frekuensi carrier. Penerima infra merah  pada dasarnya di desain untuk menerima frekuensi cahaya infra merah gengan panjang gelombang tertentu dan frekuensi tertentu. Modul receiver yang digunakan disini adalah TSO4840 yang didesain dengan frekuensi kerja 40KHz dengan panjang gelombang 950nM.

Diagram Blok Dan Aplikasi Modul Penerima Infra Merah (IR) TSOP4840

infra red receiver, ir receiver, ir remote control, ir transmitter, infra red wireless, wireless infra red, ir circuit, ir wireless, wireless ir, infra red transmitter, ir comunication, ir modul, ir part, ir methode, infra red comunication, rangkaian pemancar infra merah, ir wireless comunication, komunikasi data infra merah, sistem komunikasi data infra merah, transmiter infra merah, rangkaian transmitter infra red, rangkaian receiver infra merah, aplikasi inra red, teknik komunikasi data infra merah

infra red receiver

Rangkaian Transmiter Infra Merah (IR) Dengan LED TSAL6100

Rangkaian Transmiter Infra Merah (IR) Dengan LED TSAL6100

Fungsi modulasi data pada rangkaian transmiter infra merah diatas dilakukan oleh gerbang NAND dengan mengkombinasikan frekuensi carrier 40KHz dengan data yang dikirimkan. Dalam rangkaian transmiter tersebut digunakan 2 dioda LED Infre Merah, hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan jangkauan dan coverage area data yang ditransmisikan. Led Infra merah tersebut akan menyala bersamaan pada saat ada data dikirimkan, dan akan mati bersamaan juga pada saat tidak ada data yang dikirimkan.

Share Komunikasi Data Wireless Dengan Infra Merah / Infra Red (IR)

Like Dan Ikuti Perkembangan Belajar Elektronika

Artikel Terkait Komunikasi Data Wireless Dengan Infra Merah / Infra Red (IR)