Matrik Keypad Heksadesimal Dengan MCS51

Monday, January 18th, 2016 - Microcontroller

Matrik keypad heksadesimal dapat dibuat dengan mikrokontroler dengan memanfaatkan port paralel MCS51. Sistem kerja Matrik Keypad Heksadesimal adalah dengan pembacaan data pada tiab baris melalui tiap kolomnya atau sebaliknya tergantung program yang dibuat. Untuk membuat matrik keypad Heksadesimal cukup dengan 1 port mikrokontroler MCS51. Dengan 1 port paralel mikrokontroler maka dapat dibuat Matrik Keypad Heksadesimal 4 kolom dan 4 baris atau biasa disebut dengan matrik keypad 4×4. Matrik Keypad Heksadesimal 4×4 ini dalam perancangannya akan memberikan data Heksadesimal 0 – F.

Port Paralel Mikrokontroler MCS51 untuk Matrik Keypad Heksadesimal

Port paralel merupakan bagian mikrokontroler yang paling banyak dipakai. Mulai dari hal-hal yang sangat sederhana misalnya untuk menyalakan LED atau membaca tombol, dipakai pula untuk membentuk Keypad heksadesimal, untuk mengendalikan stepper motor maupun menghubungkan mikrokontroler ke printer paralel.

Secara umum yang dikatakan sebagai port paralel adalah sarana input/output yang bisa dipakai untuk transfer data beberapa bit (biasanya 8 bit) sekali gus lewat jalur (kaki IC) yang dipersiapkan untuk itu. Jalur tersebut dinomori dari 0 sampai 7, sesuai dengan nomor urut bit dalam akumulator yang biasa dipakai untuk trasfer data ke/dari port paralel.

Hampir semua kaki IC mikrokontroler bisa dipakai sebagai port paralel. AT89C2051 kakinya 20, 15 kaki bisa dipakai sebagai port paralel. AT89C51 berkaki 40 diantaranya 32 kaki bisa dipakai sebagai port parallel.

Matrik Keypad 4 x 4 Heksadesimal

Matrik Keypad 4×4 atau matrik keypad heksadesimal merupakan susunan 16 tombol membentuk keypad sebagai sarana masukkan ke mikrokontroler, meskipun jumlah tombol ada 16 tapi hanya memerlukan 8 jalur port paralel, seperti terlihat dalam gambar dibawah.

Matrik Keypad Dengan MCS51,matrik keypad,keypad4x4,keypad heksadesimal,membuat keypad,membuat matrik keypad,carabuat keypad

Dalam rangkaian pada gambar diatas, masing-masing tombol menghubungkan sebuah jalur output (1; 1; 3 atau 4) ke sebuah jalur input (A; B; C atau D), seperti yang digambarkan secara rinci dalam bulatan bagian kanan bawah gambar, misal tombol “C” menghubungkan jalur 1 ke jalur D. Kerja dari rangkaian keypad ini sepenuhnya dilaksanakan dengan perangkat lunak pengendali matrik keypad heksadesimal di dalam microcontroller.

Share Matrik Keypad Heksadesimal Dengan MCS51

Like Dan Ikuti Perkembangan Belajar Elektronika

Artikel Terkait Matrik Keypad Heksadesimal Dengan MCS51