Membuat Argometer Dengan Microcontroller AT89C51

Thursday, September 20th, 2012 - Microcontroller

Argometer Dengan Microcontroller AT89C51 merupakan suatu perangkat yang berfungsi untuk melakukan penghitungan jarak dan biaya dari suatu perjalanan yang ditempuh oleh suatu penyedia jasa transportasi, oleh karena itu argometer sering juga disebut sebagai alat penghitung jarak dan biaya. Argometer atau Alat Ukur Jarak dan Biaya ini memberikan suatu  fungsi untuk melakukan penghitungan jarak dan biaya berdasarkan data jarak tempuh yang dihitung berdasarkan putaran roda mobil melalui sensor putaran dengan opto coupler dan data harga tarif per km dan data per satuan waktu. Dalam artikelArgometer Dengan Microcontroller AT89C51” atau alat penghitung jarak dan biaya yang disajikan dalam artikel ini menggunakan prosesor mikrokontroler AT89C51 dan Penampil berupa Display LCD serta Matrik Keypad untuk melakukan seting tarif per Km dan tarif per satuan waktu.

Rangkaian Argometer Dengan Microcontroller AT89C51

argometer taxi,Argometer Dengan Microcontroller AT89C51,Rangkaian Argometer Dengan Microcontroller AT89C51,Fungsi Bagian Argometer Dengan Microcontroller AT89C51,Bagian argometer,alat ukur jarak dan biaya,argometer,rangkaian argometer,membuat argometer,harga argometer,tarif argometer,jual argometer,tarif argometer taxi,alat penghitung jarak dan biaya,penghitung jarak dan biaya,service argometer,seting argometer,cara mengoperasikan argometer,cara seting argometer,cara modifikasi argometer,memperbaiki argometer,cara memasang argometer

Fungsi Bagian Argometer Dengan Microcontroller AT89C51

Bagian argometer atau alat ukur jarak dan biaya berbasis mikrokontroler AT89C51 ini antara lain :

  • Sensor Putaran, bagian sensor putaran ini disusun dengan sebuah optocoupler yang berfungsi untuk mengambil data putaran roda melalui roda cacah atau piringan pencacah.
  • Keypad, Keypad yang digunkan pada argometer atau alat penghitung jarak dan biaya ini berupa keypad matrik 3×4 yang berfungsi untuk memasukan kode seting tarif per Km pada alat argometer atau penghitung jarak dan biaya ini.
  • Saklar Start/Stop, bagian ini disusun dengan sebuah sakalr push buton yang berfungsi untuk memulai penghitungan dan menghentikan penghitungan jarak dan biaya.
  • Memori, bagian ini di bangun menggunakan serial memori atmel 24C00 yang berfungsi untuk menyimpan data seting dan data penghitungan jarak dan biaya.
  • Display LCD, bagian ini berfungsi untuk menampilkan data penghitungan jarak dan biaya dari argometer dan data seting.
  • Sistem minimum mikrokontroler AT89C51 merupakan bagian yang berfungsi untuk memproses seluruh data dan kerja dari proses penghitungan jarak dan biaya berdasarkan data seting tarif dan data jarak tempuh dari sensor putaran.
  • Power Supply pada argometer ini dibuat menggunakan power regulator 3 pin 7805 yang berfungsi memberikan sumber tegangan untuk semua sistem elektronik yang ada pada argometer berbasis mikrokontroler AT89C51

Share Membuat Argometer Dengan Microcontroller AT89C51

Like Dan Ikuti Perkembangan Belajar Elektronika

Artikel Terkait Membuat Argometer Dengan Microcontroller AT89C51