Membuat Charger Batere Dengan Mosfet

Monday, July 23rd, 2012 - Charger

Rangkaian charger batere ini dapat digunakan untuk mengisi muatan batere jenis NICD maupun NIMH. Rangkaian Charger Batere ini dibuat menggunakan komponen utama Mosfet ini dirancang untuk mengisi battery dari sumber arus AC dengan kemampuan arus pengisian maksimal 1A, dan dapat di modifikasi untuk dapat memberikan arus yang lebih tinggi dengan cara mengganti nilai Q1, R1, D1-D5, dan T1 dengan kemampuan yang lebih tinggi kemampuannya. Rangkaian charger ini bekerja di titik garis beban maksimum dari kemampuan Q1, sehingga Q1 perlu mendapatkan perhatian serius untuk mendinginkannya dan melakukan croscek ulang perakitan charger baterai ini sebelum di gunakan. Baterai Nicad memiliki nilai spesifikasi kapasitas dalam satuan mAH (Mili Amper Jam) yang didefinisikan sebagai “C”. Nilai C ini menginterprestasikan kapasitas yang dapat disimpan oleh battery Nicad tesebut. Untuk mengisi baterai Nicad secara normal (bukan Fast Charge) digunakan rumusan arus pengisian 0,1C baterai nicad yang di charge selama 12 jam. Misalkan baterai tersebut berkapasitas 4000mAH maka arus pengisiannya adalah 400mA selama 12 jam. Keuntungan dari pengisian baterai dengan rumusan 0,1C ini adalah membuat baterai tahan lama atau tidak cepat rusak selain itu muatan baterai juga tidak cepat habis.

Rangkaian Charger Baterai Dengan Mosfet

Membuat Charger Baterai Dengan Mosfet,rangkaian Charger Batere Dengan Mosfet,skema Charger Batere Dengan Mosfetmerakit Charger Batere Dengan Mosfet,harga Charger Batere Dengan Mosfet,merakit Charger Batere Dengan Mosfet,modul Charger Batere Dengan Mosfet,kit Charger Batere Dengan Mosfet,Charger Batere Mosfet,skema Charger Batere Mosfe,rangkaian Charger Batere Mosfe,PCB Charger Batere Mosfe,membuat Charger Batere Mosfe,merakit Charger Batere Mosfe,beli Charger Batere Mosfe,harga Charger Batere Mosfe,modul Charger Batere Mosfe,kit Charger Batere Mosfe,alat Charger Batere Mosfe,perlengkapan Charger Batere Mosfet,perangkat Charger Batere Mosfet,komponen Charger Batere Mosfet

Arus output ran dari rangkaian charger battery dengan mosfet ini dikontrol oleh penjumlahan dari dioda referensi zener dan sambungan basis-emitor dari transistor PNP. Transistor PNP memberikan umpan balik negatif ke gate MOSFET. Sebagaimana terlihat dalam skema. Arus output ditentukan oleh nilai R1 yang ditentukan dengan :

R1 = 3.2Volts/Iout

Disipasi daya dari R1 akan sama:

PR1 = 3.2Volts Iout *

Kapasitas daya R1 dan Heatsink Q1 disesuaikan dengan arus pengisian. MOSFET harus dilengkapi dengan pendingin (heatsink) untuk membuang panas yang timbul saat pengisian batere.

Share Membuat Charger Batere Dengan Mosfet

Like Dan Ikuti Perkembangan Belajar Elektronika

Artikel Terkait Membuat Charger Batere Dengan Mosfet