Membuat Display 7 Segmen 4 Digit Untuk Microcontroller

Monday, July 30th, 2012 - Microcontroller

Display 7 segment 4 digit untuk microcontroller ini menggunakan teknik multiplex dalam pengendalian nyala dispaly 7 segmen tersebut. Teknik multiplex pada konfigurasi display 7 segment dan mikrokontroler diperlukan karena banyaknya kebutuhan jalur kontrol untuk menyalakan 7 segment dan keterbatasan jumlah port yang dapat digunakan pada microcontroller. Penampil atau display menggunakan 7 segmen dalam aplikasi perangkat elektronika memang menguras port suatu mikrokontroler atau jalur data yang mau di tampilkan, apalagi bila data yang mau ditampilkan lebih dari 1 digit. diperlukan jalur untuk mengontrol sumber daya tiap 7 segmen dan jalur untuk input data pada 7 segmen. Rangkaian Display 7 Segmen 4 Digit Multiplex ini merupakan suatu cara untuk menghemat port mikrokontroler atau jalur data yang mau ditampilkan. Rangkaian Display 7 Segmen 4 Digit Multiplex ini menggunakan dekoder BCD to 7 segmen 74LS247 untuk mengkodekan data BCD dari data yang mau ditampilkan, kemudian untuk sumber daya tiap penampil 7 segmen menggunakan transistor yang di set sebagai saklar elektronik. Arus yang mengalir pada penampil 7 segmen dalam Rangkaian Display 7 Segmen 4 Digit Multiplex ini di batasi menggunakan resistor yag di pasang seri pada tiap kolektor transistor.

Rangkaian Display 7 Segmen 4 Digit Untuk Microcontroller

Rangkaian Display 7 Segmen 4 Digit Multiplex Untuk Microcontroller,Display 7 Segmen,Display 7 Segmen 4 Digit,Display 7 Segmen 4 Digit Multiplex,Rangkaian Display 7 Segmen 4 Digit Multiplex,fungsi Display 7 Segmen 4 Digit Multiplex,konfigurasi Display 7 Segmen 4 Digit Multiplex,tenik multiplex display 7 segmen,cara multiplex display,display multiplex,rangkaian display multiplex,komponen display multiplex,7 segmen multiplex,alasan multiplex display,dasar multiplexing,display multiplexing,rangkaian multiplexing,penampil multiplexing,7 segmen multiplexing,cara seting ,7 segmen multiplexing,cara membuat ,7 segmen multiplexing,membuat ,7 segmen multiplexing,rangkaian 7 segmen multiplexing,desain ,7 segmen multiplexing,cara memperbaiki tampilan ,7 segmen multiplexing

Konfigurasi Rangkaian Display 7 Segmen 4 Digit Untuk Microcontroller

Kaki-kaki LT, RBI, RBO pada rangkaian ini tidak tersambung (logika tinggi) dimaksudkan agar tampilan data dari seven segment sesuai dengan data dari mikrokontroler. Kaki-kaki pada rangkaian ini tidak tersambung (logika tinggi) dimaksudkan agar tampilan data dari seven segment sesuai dengan data dari mikrokontroler.

Sumber tegangan kerja rangkaian display 4 digit dengan 7 segment ini + 5 volt DC dapat dijadikan1 dengan power supply untuk microcontroller. Konsumsi arus pada display 7 segmen dapat dibatasi dengan mengatur nilai resistor pada kaki kolektor Q1, Q2, Q3 dan Q4.

Share Membuat Display 7 Segmen 4 Digit Untuk Microcontroller

Like Dan Ikuti Perkembangan Belajar Elektronika

Artikel Terkait Membuat Display 7 Segmen 4 Digit Untuk Microcontroller