Membuat Driver Motor DC 2 Arah 2 Transistor

Monday, July 23rd, 2012 - Motor

Driver motor DC 2 arah dengan 2 transistor merupakan rangkaian sederhana yang dapat mengendalikan putaran motor DC dalam 2 arah putar. Rangkaian driver motor DC ini dapat mengontrol arah putaran motor DC hanya dengan 2 transistor dengan memberikan level input positif dan negatif. Transistor yang digunakan untuk mengontrol motor DC agar dapat berputar 2 arah adalah transistor driver jenis NPN dan PNP. Dalam rangkaian driver motor DC sederhana ini transistor yang digunakan adalah transistor tipe TIP31 untuk transistor driver NPN dan TIP32 untuk transistor driver PNP. Untuk mengontrol arah putar motor DC, rangkaian ini membutuhkan sumber tegangan simetris (+6V dan -6V) kemudian motor DC yang dikendalikan dihubungkan pada output rangkaian dan ground. Rangkaian driver motor DC 2 arah dengan 2 transistor secara lengkap dapat dilihat pada gambar rangkaian berikut.

Rangkaian Driver Motor DC 2 Arah 2 Transistor

Membuat driver motor DC 2 Arah 2 transistor,Driver Motor DC 2 Arah Dengan 2 Transistor,driver motor DC,rangkaian driver motor DC,driver motor DC bidirectional,driver motor DC 2 arah,rangkaian driver motor DC sederhana,arah putar motor DC,driver motor DC transistor,mengontrol arah putar,putaran motor DC,mengontrol motor DC,kecepatan motor DC,rangkaian kontrol motor DC,membuat driver motor dc,merakit driver motor dc

Output rangkaian merupakan pertemuan antara emitor kedua transistor NPN dan PNP. Konfigurasi seperti ini dimaksudkan agar motor DC yang terhubung ke ground dapat disuply secara 2 arah melalui transistor NPN dan PNP tersebut. Input untuk rangkaian driver motor dc ini adalah tegangan DC simetris dengan level 0,7 volt lebih tinggi dan lebih rendah dari ground.

Untuk memutar motor DC secara fordward maka input yang diberikan adalah tegangan DC dengan level 0,7 volt lebih tinggi dari ground. Kemudian untuk meningkatkan kecepatan putaran motor DC maka level input dinaikan sampai kecepatan putaran motor sesuai keinginan. Pada saat motor berputar secara forward seperti ini transistor NPN TIP31 yang beroperasi.

Untuk memutar motor DC secara reverse maka input yang diberikan adalah lebih negatif 0,7 volt dari ground. Dan untuk meningkatkan putaran motor DC secara reverse maka input tersebut dibuat lebih negatif lagi sampai kecepetan putaran motor DC yang diinginkan. Pada kondisi ini transistor PNP TIP32 yang bekerja.

Semoga rangkaian driver motor DC 2 arah dengan 2 transistor yang sederhana ini dapat bermanfaat bagi pengunjung dan dapat digunakan sebagai bahan untuk belajar mengendalikan arah putar motor DC.

Share Membuat Driver Motor DC 2 Arah 2 Transistor

Like Dan Ikuti Perkembangan Belajar Elektronika

Artikel Terkait Membuat Driver Motor DC 2 Arah 2 Transistor