Membuat Driver Motor Stepper

Thursday, September 27th, 2012 - Motor

Driver motor stepper secara sederhana dapat dilihat pada gambar rangkaian dibawah. Driver motor stepper yang ditulis pada bagian ini adalah driver motor steper yang dikendalikan dengan microcontroller atau komputer dimana sistem pentrigeran driver motor stepper dikendalikan oleh microcontroller atau komputer tersebut. Driver motor stepper pada gambar dibawah merupakan driver untuk tiap kutup dari motor stepeer yang digunakan. Jika rangkaian kontrol yang mengendalikan “rangkaian driver motor steper” ini berupa mikrokontroller atau komponen digital maka ada baiknya agar setiap port yang mengontrol rangkaian driver motor stepper ini diberi buffer terlebih dahulu agar tidak membebani port mikrokontroller atau rangkaian kontrol yang digunakan. Seperti pada gambar berikut jalur control ini dapat dikontrol secara digital menggunakan mikrokontroller dengan memberi sinyal input pada komponen yang berfungsi sebagai buffer seperti pada gambar berikut.

Gambar Rangkaian Driver Motor Stepper

Driver motor stepper,rangkaian driver motor steper,Gambar Rangkaian Driver Motor Stepper,Driver motor stepper,driver motor stepper sederhana,harga driver motor stepper,membuat driver motor stepper,modul driver motor stepper,cara buat driver motor stepper,driver motor stepper untuk komputer,driver motor stepper untuk microcontroller,skema driver motor stepper,cara seting driver motor stepper,cara menggunakan driver motor stepper,mengoperasikan driver motor stepper,driver motor stepper rakitan,driver motor stepper murah,jual driver motor stepper,simple Driver motor stepper,rangkaian driver motor steper,Gambar Rangkaian Driver Motor Stepper,Driver motor stepper,driver motor stepper sederhana,harga driver motor stepper,membuat driver motor stepper,it v,modul driver motor stepper,cara buat driver motor stepper,driver motor stepper untuk komputer,driver motor stepper untuk microcontroller,skema driver motor stepper,cara seting driver motor stepper,cara menggunakan driver motor stepper,mengoperasikan driver motor stepper,driver motor stepper rakitan,driver motor stepper murah,jual driver motor stepper,Driver motor stepper,rangkaian driver motor steper,Gambar Rangkaian Driver Motor Stepper,Driver motor stepper,driver motor stepper sederhana,harga driver motor stepper,membuat driver motor stepper,it v,modul driver motor stepper,cara buat driver motor stepper,driver motor stepper untuk komputer,driver motor stepper untuk microcontroller,skema driver motor stepper,cara seting driver motor stepper,cara menggunakan driver motor stepper,mengoperasikan driver motor stepper,driver motor stepper rakitan,driver motor stepper murah,jual driver motor stepper yang simple,stepper motor driver

Pada gambar diatas hanya ditampilkan satu bagian untuk mengontrol satu buah kumparan motor stepper. Ada dua alternatif yaitu dengan menggunakan buffer terlebuh dahulu atau menggunakan FET, yang mempunyai impedansi input yang sangat tinggi, sebagai komponen saklarnya. Tegangan Vmotor tidaklah harus selalu sama dengan tegangan VCC pada mikrokontroller. Oleh sebab itu digunakan sebuah komponen buffer yang mempunyai output open collector sehingga outputnya dapat di pull-up ke tegangan yang diinginkan.

R pull-up  sebesar 470 akan memberikan arus sebesar 10 mA ke basis transistor Q1. Jika Q1 mempunyai gain sebesar 1000 maka  arus yang dapat dilewatkan adalah sekitar beberapa ampere, tergantung dari besar arus yang ditarik oleh kumparan motor stepper tersebut. Arus ini harus lebih kecil dari arus IC yang diperbolehkan.

Untuk komponen FET dapat digunakan komponen IRL540 yang dapat mengalirkan arus sampai 20 A dan mampu menahan tegangan balik sampai 100V. Hal ini disebabkan oleh karena FET ini mampu menyerap tegangan spike tanpa perlindungan dioda. Tetapi komponen ini memerlukan heat sink  yang besar dan harus cukup baik dalam hal penyerapan panasnya. Ada baiknya jika digunakan kapasitor untuk menekan level tegangan spike yang ditimbulkan dari transisi saklar dari on ke off.

Driver motor stepper ini sangat sederhana dan mudah untuk dibuat dan diaplikasikan dalam pengendalian motor stepper menggunkan microcontroller maupun komputer.

Share Membuat Driver Motor Stepper

Like Dan Ikuti Perkembangan Belajar Elektronika

Artikel Terkait Membuat Driver Motor Stepper