Membuat Indikator Level Baterai

Friday, August 24th, 2012 - Charger, Circuit Tools

Rangkaian indikator level baterai adalah suatu rangkaian elektronika yang dapat digunakan untuk mengukur level tegangan battery / accumulator. Komponen utama untuk membuat rangkaian indikator level baterai  ini adalah sebuah IC LM3914. IC LM3914 pada “rangkaian indikator level baterai” adalah sebuah IC monolitik yang berfungsi untuk mengubah tegangan analog kemuadian akan mengkodekan level tegangan input tersebut dengan menyalakan 10 LED yang menghasilkan tampilan analog secara linier terhadap tegangan input yang diberikan. IC LM 3914 adalah IC yang mudah kita dapatkan dipasaran dan tidak mahal. IC LM3914 pada rangkaian indikator level baterai ini sering kita jumpai pada rangkaian VU display atau peak indikator sinyal audio pada perangkat audio. Rangkaian indikator level baterai ini terdiri dari IC LM3914, 10 buah led, dan beberapa resistor. Untuk membuat rangkaian indikator level batere dapat melihat gambar skema rangkaian indikator level baterai dan nilai komponen pada gambar di bawah :

Gambar Rangkaian Indikator Level Baterai

Membuat Indikator Level Baterai,Rangkaian indikator level baterai,mengukur level tegangan battery,rangkaian indikator level baterai,indikator level baterai,tegangan baterai,tegangan full baterai,batere full,indikator pengisian batere,indikator charge batere,skema level baterai,tegangan batere charge,level tegangan charger,rangkaian indikator level baterai,level baterai,indikator baterai,tegangan baterai

Pada rangkaian indikator level baterai diatas supply tegangan rangkaian diambilkan dari baterai / accu tersebut melalui sebuah saklar. Rangkaian ini didesain hanya akan menampilkan level baterai apabila saklar ditekan. Hal ini dimaksudkan untuk menghemat tegangan baterai itu sendiri.

Rangkaian indikator level batere pada gambar diatas dirancang untuk mengukur level tegangan batere atau accumulator 12 volt. Sehingga sumber tegangan untuk mengoperasikan rangkaian ini diambil dari batere yang diukur. Apabila ingin menggunakan rangkaian indikator level batere ini untuk batere dengan tegangan selain 12 volt maka dapat dialkukan dengan memisahkan jalur input dengan jalur sumber tegangan DC +12 volt.

Share Membuat Indikator Level Baterai

Like Dan Ikuti Perkembangan Belajar Elektronika

Artikel Terkait Membuat Indikator Level Baterai