Membuat PCB Praktis Tanpa Sablon (Setrika)

Membuat PCB Praktis Tanpa Sablon (Setrika) | 9 out of 10 based on 100 ratings | 1 user reviews
Reviewed by Tim Belajar Elektronika | | Rating: 4.9 | Tutorial

Membuat PCB Praktis Tanpa Sablon (Setrika). Membuat PCB rangkaian elektronika dapat dilakukan tanpa menggunakan sablon. Cara membuat PCB tanpa menggunakan sablon adalah dengan menggunakan teknik di setrika. Yaitu gambar PCB yang sudah jadi dari komputer (sudah dicetak di kertas) di setrika ke PCB polos. Teknik membuat PCB rangkaian elektronika dengan setrika ini dapat digunakan untuk membuat PCB dengan jalur yang cukup komplek dan hasil PCB yang sudah jadi tidak kalah dengan PCB yang dibuat dengan sablon. Bahan untuk membuat PCB dengan teknik disetrika adalah sebagai berikut.

Gambar Print Out PCB Pada Kertas Glosy, Photo Atau Kalender

membuat PCB praktis tanpa sablon,membuat  PCB dengan setrika,Gambar Print Out PCB Pada Kertas Glosy, Photo Atau Kalender,taknik buat PCB,cara membuat PCB,membuat PCB yang praktis,mebuat PCB dengan mudah,cara mudah buat PCB,PCB elektronika,membuat PCB dengan mudah,membuat PCB yang praktis,membuat PCB dengan hemat,cara membuat PCB dengan setrika,pembautan PCB dengan setrika

Bahan-Bahan Untuk Membuat PCB dengan Teknik Setrika

  • Gambar PCB yang dicetak dengan print laser atau difotocopy pada kertas glosy, photo atau kertas kalender.
  • PCB polos
  • Setrika Listrik
  • Air pada tempat yang cukup untuk meletakan PCB polos
  • Pelarut PCB ferit clorida (FECL3)
  • Bor listrik kecil (0.8 mm/ 1 mm)
  • Cairan Damar (fernis/clear)

Cara Membuat PCB Dengan Teknik Setrika

  1. Gambar PCB yang akan dibuat harus dicetak dengan printer laser diatas kertas glosy, photo atau kertas kalender, apabila tidak ada printer laser maka hasil print out dari printer tinta tersebut di photocopy dahulu untuk mendpatkan cetakan lasernya.
  2. Bersihkan PCB polos dari minyak atau kotoran dan korosi yang menmpel menggunakan amplas halus.
  3. Letakan gambar PCB (print out PCB print laser dengan kertas glosy, photo atau kalender) pada lapisan tembaga PCB polos di lokasi yang datar agar mudah dalam menyetrika. Bagian print out yang ada gambar dari print laser harus menempel pada bagian tembaga PCB polos.
  4. Panaskan setrika pada suhu untuk setrika cotton, kemudian setrika print out gambar PCB yang sudah diletakan diatas PCB polos tadi hingga semua jalur pada kertas prin out menempel ke PCB polos. (JANGAN SAMPAI KERTAS BERGESER, LEBIH BAIK DI SELOTIP PADA PCB POLOS). Pada proses menyetrika usahakan jangan sampai terlalu lama atau terlalu panas karena dapat merusak lapisan tembaga PCB, yang penting jalur sudah menempel dengan sempurna pada semua sisi.
  5. Rendam PCB dengan kertas print out yan telah disetrika tersebut dengan air bersih, tunggu beberapa saat sampai kertas lunak. Kemudian bersihkan kertas print out dari PCB polos sehingga tersisa jalur PCB dari prin out yang menempel pada PCB polos.
  6. Larutkan PCB yang sudah ada gambar jalur dari kertas print out ke cairan pelarut (ferit clorida / FeCl3). KOREKSI PCB DAN PASTIKAN TIDAK ADA JALUR PUTUS SEBELUM DILARUTKAN, BILA ADA YANG PUTUS SAMBUNG DAHULU DENGAN SPIDOL PERMANENT.
  7. Setelah prose pelarutan selesai bersihkan PCB dari cairan pelarut dengan air bersih. Selanjutnya adalah proses pengeboran footprint kaki komponen pada PCB dengan bor listrik ukuran kecil (0,8 mm atau 1 mm).
  8. Bersihkan bekas pengeboran pada jalur tembaga PCB dengan amplas PCB yang halus. Kemudian lapisi jalur PCB dengan cairan damar, fernis atau clear.

Hasil PCB Dengan Teknik Setrika

Hasil PCB Dengan Teknik Setrika,cara membuat PCB Dengan Teknik Setrika,langkah membuat PCB,proses membuat PCB dengan setrika,cara membuat PCB tanpa sablon,cara membuat PCB yang praktis,pembuatan PCB tanpa sablon,pembuatan PCB dengan praktis

DMCA.com

4 Komentar Untuk Artikel " Membuat PCB Praktis Tanpa Sablon (Setrika)" »

  • ali al husain says:

    software layoutnya pake apa yang simple..??

  • ali al husaint says:

    ok< saya mau ikutan nyoba!

  • muhammad farhan says:

    maaf mas mau lebih rinci pada bagian “memindahkan gambar dari kertas ke PCB”
    itu yg bisa di gunakan kertas apa saja..??

    jadi masih bingung untuk mendapatkan gambar di PCB dari gambar JPG pada komputer kita..

    masih aneh ko bisa nempel di muka PCB gambar dari kertas kita..

  • ratu zamri atmijoyo says:

    ini baru creasi oke mantebbbb ANE SALUD AMA ENTE TAU … YANG MANA YANG BAGUS SAYA SALUTTT WALAU GA IKUT NYOBA

Buat Pesan Untuk Artikel "Membuat PCB Praktis Tanpa Sablon (Setrika)"

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

5+5 (Wajib di jawab)