Membuat UPS Untuk Power Supply

Sunday, September 23rd, 2012 - Power Supply

UPS (Uninterupable Power Supply) berfungsi untuk memberikan backup energi listrik pada saat sumber energi listrik utama padam. Rangkaian UPS Untuk Power Supply ini merupakan pengembangan konsep power supply sederhana yang bertujuan sama seperti UPS tersebut. Dengan menambahkan batere dan rangkaian dioada untuk mengatur arah arus listrik maka diperoleh rangkaian sederhana yang diberi nama “UPS Untuk Power Supply” berikut. UPS Untuk Power Supply merupakan rangkaian power supply yang sering diterapkan dalam sistem elektronika yang mengadopsi prinsip UPS. Dengan mengadopsi prinsip UPS maka rangkaian power supply ini tetap dapat bekerja walaupun sumber tegangan AC tidak ada. Rangkaian UPS Untuk Power Supply ini terdiri dari bagian penurun tegangan, penyearah, charger, batery dan regulator. Teknik yang diterapkan dari UPS pada power supply ini adalah penggunaan batery dan charger yang dihubungkan dengang kopling langsung dengan rangkaian dioda. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dengan gambar berikut.

Gambar Rangkaian UPS Untuk Power Supply

UPS (Uninterupable Power Supply),Rangkaian UPS Untuk Power Supply,backup energi listrik,UPS Untuk Power Supply,UPS pada power supply,Rangkaian UPS Untuk Power Supply,UPS,power UPS,sistem UPS,rangkaian UPS,membuat ups,rangkaia power supply ups,ups sederhana,membuat ups,dasar ups,teori ups,UPS DC,rangkaian UPS DC

Rangkaian penyearah pada rangkaian UPS Untuk Power Supply ini berfungsi juga sebagai charger melalui D1. Fungsi D3 adalah  untuk mengalirkan sumber tegangan dari penyearah ke rangkaian regulator pada saat ada sumber tegangan AC. D2 berfungsi untuk mengalirkan sumber tegangan dari batery apabila sumber tegangan AC tidak ada. Konfigurasi batery dan dioda D1, D2 dan D3 inilah yang diadopsi dari sistem UPS. Konsep “UPS Untuk Power Supply” ini dapat digunakan untuk rangkain-rangkaian power supply yang lain, pada intinya adalah menambahkan batere sebagai backup energi dan rangkaiancharger serta pengontrol arah arus listrik dengan dioda. Konsep yang dibuat ini cukup sederhana dan mudah dipahami, smeoga para pembaca dapat membuat dan mengaplikasikannya dengan mudah.

Share Membuat UPS Untuk Power Supply

Like Dan Ikuti Perkembangan Belajar Elektronika

Artikel Terkait Membuat UPS Untuk Power Supply