Modul Sensor Ultrasonic (Modul Ping)

Tuesday, September 25th, 2012 - Sensor / Transducer

Modul sensor ultrasonic atau modul ping merupakan gabungan antara transmiter ultrasonic dengan receiver ultrasonic yang dirakit dalam 1 PCB dan sering digunakan sebagai sensor jarak. Modul sensor ultrasonic sering digunakan sebagai  modul pengukur jarak, atau sering disebut dalam aplikasi ultrasonic range finder. Modul sensor ultrasonik yang banyak ditemukan dipasaran salah satunya modul sensor ultrasonik buatan Parallax Inc yang dikenal dengan nama modul Ping))). Modul sensor  Ultrasonik ini dapat mengukur jarak antara 3 cm sampai 300 cm. Keluaran dari modul sensor ultrasonik Ping))) ini berupa pulsa yang lebarnya merepresentasikan jarak. Lebar pulsanya yang dihasilkan modul sensor ultrasonik ini bervariasi dari 115 uS sampai 18,5 mS. Secara prinsip modul sensor ultrasonik ini terdiri dari sebuah chip pembangkit sinyal 40KHz, sebuah transmitter ultrasonic dan sebuah receiver ultrasonic. Transmitter ultrasonik mengubah sinyal 40 KHz menjadi suara sementara receiver ultrasonic berfungsi untuk mendeteksi pantulan suaranya.

Bentuk Modul Sensor Ultrasonik

sensor ultrasonik,ultrsonic range finder,sensor ping,modul ultrasonic,cara menggunakan modul sensor ultrasonik,aplikasi modul sensor ultrasonik,fungsi sensor ultrasonik,modul sensor ultrasonic,harga modul sensor ultrasonic,jual modul sensor ultrasonic,cara mengoperasikan modul sensor ultrasonic,seting modul sensor ultrasonic,kit sensor ultrasonic,membuat modul sensor ultrasonic,aplikasi modul sensor ultrasonic,harga modul ping,jual modul ping,kit modul ping,transducer ultrasonic,harga transducer ultrasonic,jual transducer ultrasonic,kit transducer ultrasonic,menggunakan transducer ultrasonic,cara mengoperasikan transducer ultrasonic

Sinyal output modul sensor ultrasonik dapat langsung dihubungkan dengan mikrokontroler tanpa tambahan komponen apapun. Modul sensor ultrasonik hanya akan mengirimkan suara ultrasonik ketika ada pulsa trigger dari mikrokontroler (Pulsa high selama 5 uS). Suara ultrasonik dengan frekuensi sebesar 40 KHz akan dipancarkan selama 200 uS oleh modul sensor ultrasonik ini. Suara ini akan merambat di udara dengan kecepatan 344.424 m/detik (atau 1cm setiap 29.034 uS) yang kemudian mengenai objek dan dipantulkan kembali ke modul sensor ultrasonik tersebut. Selama menunggu pantulan sinyal ultrsonik dari bagian trasmiter, modul sensor ultrasonik ini akan menghasilkan sebuah pulsa. Pulsa ini akan berhenti (low) ketika suara pantulan terdeteksi oleh modul sensor ultrasonik. Oleh karena itulah lebar pulsa tersebut dapat merepresentasikan jarak antara modul sensor ultrasonik dengan objek.

Share Modul Sensor Ultrasonic (Modul Ping)

Like Dan Ikuti Perkembangan Belajar Elektronika

Artikel Terkait Modul Sensor Ultrasonic (Modul Ping)