Pengontrol Kecepatan Motor DC Dengan Transistor

Tuesday, September 4th, 2012 - Motor

Pengontrol Kecepatan Motor DC Dengan Transistor merupakan rangkaian yang berfungsi untuk mengendalikan kecepatan motor DC dan dibangun menggunakan rangkaian transistor. Pengontrol Kecepatan Motor DC Dengan Transistor ini hanya dapat digunakan untuk mengendalikan kecepatan putaran motor DC dalam 1 arah saja. Rangkaian Pengontrol Kecepatan Motor DC Dengan Transistor ini dibangun menggunakan 2 buah transistor yang disusun secara darlinton untuk mendapatkan performansi pengedalian kecepatan motor DC yang lebih baik. Rangkaian Pengontrol Kecepatan Motor DC Dengan Transistor ini bukan jenis PWM, tapi pengontrol kecepatan motor DC tipe emitor follower. Prinsip pengaturan kecepatan motor DC dengan rangkaian “Pengontrol Kecepatan Motor DC Dengan Transistor” ini adalah dengan mengatur level tegangan supply ke motor DC, oleh karena itu konsep ini dinamakan emitor follower. Rangkaian pengatur kecepatan motor DC jenis ini sangat sederhana. Sebenarnya cukup dengan 1 transistor saja, tapi kali ini dibuat darlington untuk mendapatkan arus yang lebih besar.

Rangkaian Pengontrol Kecepatan Motor DC Dengan Transistor

Driver Motor DC Emitor Follower,Pengontrol Kecepatan Motor DC Dengan Transistor,Rangkaian Pengontrol Kecepatan Motor DC Dengan Transistor,pengatur kecepatan,speed controller,speed control motor DC,rangkaian pengatur kecepatan motor dc,mengator kecepatan motor dc,pengendali kecepatan,speed kontrol,motor dc emitor follower,rangkaian motor dc,kontrol kecepatan motor DC,controller motor DC,pengatur kecepatan motor DC,skema pengatur kecepatan motor DC,membaut pengatur kecepatan motor DCharga pengatur kecepatan motor DC,kit pengatur kecepatan motor DC,pengatur kecepatan motor DC rakitan,merakit pengatur kecepatan motor DC,cara buat pengatur kecepatan motor DC,seting pengatur kecepatan motor DC,menggunakan pengatur kecepatan motor DC,fungsi pengatur kecepatan motor DC,service pengatur kecepatan motor DC,memperbaiki pengatur kecepatan motor DC

Prinsip kerja dari rangkaian Pengontrol Kecepatan Motor DC Dengan Transistor diatas dimulai dengan pemberian bias tegangan basis Q1 yang level tegangannya diatur oleh VR1. Kemudian Q1 akan memberikan tegangan driver ke Q2 yang levelnya sebanding dengan tegangan bias dari VR1 dan akhirnya tegangan dari emitor Q2 tersebut sebagai supply tegangan motor DC, dimana semakin tinggi level tegangan supply tersebut semakin tinggi pula kecepatan yang dihasilkan. D1 dan D2 berfungsi sebagai dumping dari tegangan balik motor DC. Sumber tegangan untuk mengoperasikan rangkaian Pengontrol Kecepatan Motor DC Dengan Transistor ini disesuaikan dengan kebutuhan atau tegangan kerja motor DC yang digunakan.

Share Pengontrol Kecepatan Motor DC Dengan Transistor

Like Dan Ikuti Perkembangan Belajar Elektronika

Artikel Terkait Pengontrol Kecepatan Motor DC Dengan Transistor