Power Supply Dengan Regulator Transistor

Sunday, May 4th, 2014 - Power Supply

Power supply dapat dibuat dengan banyak jenis, begitu juga regulator tegangan untuk membuat suatu power supply dapat dibuat dengan transistor maupun IC. Power Supply dalam artikel ini menggunakan regulator yang disusun dari 2 buah transistor NPN. 1 Transistor berperan sebagai power regulator dan 1 transistor lagi berperan sebagai pengontrol tegangan outputnya. Power Supply ini memiliki output yang dapat diatur dengan kisaran dari 6 – 12 VDC. Bagian yang berfungsi sebagai power regulator adalah Q1 TIP31. Kemudian bagian pengontrol tegangan output adalah pembagi tegangan yang disusun dari R3,R4,VR1 dan R2 yang memberikan bias ke basis Q2 untuk mengentrol power regulator Q1. Dalam rangkaian power supply ini dipasang diode zener 5,1V yang berfungsi untuk membuat batas minimal tegangan output bersama Q2.

Rangkaian Power Supply Dengan Transistor

Power Supply Dengan Transistor,power supply transistor,regulator dengan transistor,power supply dengan regulator transistor,transistor sebagai regulator,catu daya regulator transistor,membuat power supply dengan transistor,rangkaian power supply transistor,rangkaian regulator transistor,rangkaian catu daya dengan regulator transistor

Rangkaian Power Supply Dengan Transistor ini cukup sederhana dan dapat dibuat dengan PCB lubang, sehingga bagi yang ingin mencoba dapat langsung mempraktikannya. Semoga rangkaian power supply ini dapat bermanfaat bagi pembaca khususnya bagi temen yang memerlukan rangkaian power supply dengan regulator transistor. Rangkaian power supply dengan regulator trasistor pada gambar diatas merupakan salah satu contoh penggunaan regulator tegangan dari 2 buah transistor.

Share Power Supply Dengan Regulator Transistor

Like Dan Ikuti Perkembangan Belajar Elektronika

Artikel Terkait Power Supply Dengan Regulator Transistor