Rangkaian Serial Untuk LCD Parallel Pada Microcontroler

Tuesday, January 21st, 2014 - Microcontroller

Komunikasi LCD pada umumnya menggunakan sistem komunikasi parallel, sehingga memerlukan banyak port microcontroler dalam menggunakan LCD tersebut. Pada saat menggunakan microkontroler dengan banyak aplikasi atau menggunakan microcontroller dengan port yang sedikit, diperlukan teknik penghematan port mikrokontroler agar dapat mengkover komunikasi semua sistem yang terhubung ke microcontroler. Dalam membuat suatu alat elektronik menggunakan mikrokontroler sering kita di hadapkan dengan kekurangan port untuk jalur I/O atau penampil LCD. Rangkaian Serial Untuk LCD pada microcontroller dapat dibuat dengan 74HC595, ada suatu solusi untuk mengatasi kekurangan port atau pin dari mikrokontroler yaitu dengan mengubah sitem bus paralel LCD menjadi serial seperti Rangkaian Serial Untuk LCD dengan 74HC595 ini. Rangkaian Serial Untuk LCD mengubah sistem bus paralel LCD menjadi serial denga IC 74HC595. IC 74HC595 pada Rangkaian Serial Untuk LCD ini merupakan IC digital yang berfunsi sebagai serial to paralel shift register dengan di lengkapi latch. Dengan fungsi IC 74HC595 tersebut sistem bus LCD paralel di ubah menjadi bermasukan serial dari mikrokontroler dan jadilah Rangkaian Serial Untuk LCD dengan 74HC595 ini. Nah dengan Rangkaian Serial Untuk LCD dengan 74HC595 untuk mikrokontroler ini diharapkan tidak ada lagi cerita kekurangan pin/port mikrokontroler dalam pembuatan alat elektronika.

Rangkaian Serial Untuk LCD Menggunakan IC 74HC595

Rangkaian Serial Untuk LCD Dengan IC 74HC595,mengubah paralell LCD ke serial,komunikasi serial untuk LCD,membuat komunikasi serial LCD,menghemat port microcontroller,efisiensi port microcontroler,mengubah parallel ke serial pada LCD,parallel to serial converter LCD,LCD parallel ke serial,membuat rangkaian serial untuk LCD parallel

Fungsi Bagian Rangkaian Serial Untuk LCD dengan 74HC595

  • Clock sebagai masukan clock dari mikrokontroler
  • Data sebagai masukan data tampilan untuk LCD
  • Enable merupakan selektor mode LCD read data atau Disable
  • LED merupakan jalur untuk kendali lampu LED baground LCD
  • Potensiometer pada LCD berfungsi untuk mengatur kecerhan tampilan LCD

Dengan rangkaian sederhana seperti pada rangkaian diatas kita hanya meenggunakan 4 port microcontroller untuk mengendalikan LCD dengan komunikasi parallel. Sehingga kita dapat menghemat beberapa port microcontroller dan dapat digunakan untuk aplikasi yang lain. Semoga bermanfaat dan menginspirasi pada kasus kekurangan jalur mikrokontroler untuk penampil data.

Share Rangkaian Serial Untuk LCD Parallel Pada Microcontroler

Like Dan Ikuti Perkembangan Belajar Elektronika

Artikel Terkait Rangkaian Serial Untuk LCD Parallel Pada Microcontroler