Regulator Tegangan Dengan Op-amp

Thursday, April 3rd, 2014 - Power Supply

Regulator tegangan dapat juga dibuat menggunakan penguat operasional (Op-Amp). Regulator tegangan dengan Op-Amp merupakan pengembangan dari regulator dengan dioda zener dan transistor. Tujuan penggunaan Op-Am pada suatu regulator tegangan untuk mendapatkan kestabilan tegangan output pada saat rangkaian regulator tegangan diberikan beban dan pada saat tanpa beban. Hal ini karena Op-Amp pada regulator tegangan berfungsi untuk mengendalikan tegangan bias transistor berdasarkan tegangan referensi dari dioda zener dan tegangan output pada saat diberikan beban. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat gambar rangkaian konfigurasi Op-Amp pada sebuah regulator tegangan positif pada gambar berikut.

Gambar Regulator Tegangan Dengan Op-Amp

Regulator tegangan,Regulator tegangan dengan Op-Amp,Op-Amp pada regulator tegangan,regulator tegangan positif,rangkaian regulator tegangan,regulator tegangan op-amp,skema regulator tegangan,membuat regulator tegangan,harga regulator tegangan,modul regulator tegangan,kit regulator tegangan,buat regulator,skema regulator,modul regulator

Tegangan output rangkaian regulator tegangan dengan Op-Amp pada gambar diatas dapat ditentukan dengan mengabaikan tegangan VBE transistor sehinga diperoleh rumus berikut.

Vout = ((R1+R2)/R2) * Vz

Fungsi dioda zener pada rangkaian regulator tegangan dengan Op-Amp diatas adalah sebagai penentu tegangan output regulator pada saat tanpa beban. Kemudian fungsi R1 dan R2 adalah sebagai pendeteksi tegangan output rangkaian regulator pada saat mendapat beban. Dan fungsi transistor tersebut adalah sebagai penguat arus pada rangkaian regulator tegangan. Ketiga komponen utama tersebut dikonfigurasikan dan di kendalikan dengan sebuah penguat operasional (Op-Amp). Pada saat tanpa beban maka Transistor pada rangkaian regulator tegangan diatas diberikan tegangan bias basis sesuai dengan tegangan dioda zener, kemudian pada saat rangkaian mendapatkan beban maka, transistor diberikan tegangan bias basis sesuai dengan tegangan dioda zener dan koreksi tegangan drop dari pembacaan pembagi tegangan R1 dan R2.

Share Regulator Tegangan Dengan Op-amp

Like Dan Ikuti Perkembangan Belajar Elektronika

Artikel Terkait Regulator Tegangan Dengan Op-amp