Robot Line Follower Dengan 2 Transistor

Robot Line Follower Dengan 2 Transistor | 9 out of 10 based on 100 ratings | 1 user reviews
Reviewed by Tim Belajar Elektronika | | Rating: 4.9 | Robot

Robot Line Follower Dengan 2 Transistor merupakan rangkaian robot line tracer sederhana yang dibangun hanya menggunakan transistor saja. Pada prinsipnya rangkaian “Robot Line Follower Dengan 2 Transistor” ini adalah rangkaian penggerak (driver) motor DC yang dikendalikan menggunakan sensor cahaya yang digunakan untuk mendeteksi suatu track. Gerakan Robot Line Follower Dengan 2 Transistor ini masih kaku karena hanya menggunakan 2 pasang sensor cahaya untuk mendeteksi track, tetapi lebih dari cukup untuk dijadikan bahan pembelajarn pembuatan robot line follower atau line tracert.

Membuat robot line follower dapat dilakukan dengan 2 transistor. Rangkaian Robot Line Follower Dengan 2 Transistor ini salah satu contor rangkaian robot line follower yang di bangun dengan 2 transistor NPN sebagai driver motor dan sekaligus pengolah sinyal dari sensor. Pada rangkaian Robot Line Follower Dengan 2 Transistor ini terdiri dari 2 bagian yang sama, hanya beda fungsi untuk driver motor sebelah kanan dan kiri. Rangkaian sensor dari Robot Line Follower Dengan 2 Transistor ini menggunakan LDR dan LED. Sensitifitas sensor LDR dapat diatur dengan VR 10 yang dipasang seri dengan LDR. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut.

Rangkaian Robot Line Follower Dengan 2 Transistor

Robot Line Follower Dengan 2 Transistor,Rangkaian Robot Line Follower Dengan 2 Transistor,robot line tracer,robot line follower,membuat robot line follower,rangkian robot line follower,skema robot line follower,robot line follower tanpa microcontroler,robot line follower transistor,harga robot line follower,kit robot line follower,cara buat robot line follower,cara seting robot line follower,merakit robot line follower,robot line follower rakitan,modul robot line follower,kit robot line follower,robot line follower 2 transistor,membuat robot line follower transistor,, robot line tracert, robot line follower sederhana,rangkaian robot line tracer, line follower robot circuit, membuat robot line follower sederhana, membuat robot line tracer, rangkaian line tracer, rangkaian line follower

Prinsip kerja Rangkaian Robot Line Follower Dengan 2 Transistor difokuskan antara driver motor kanan dan kiri sama, yaitu pada saat LDR mendapat pantulan cahaya dari LED maka tahanan LDR akan menurun dan membuat transistor saturasi kemudian motor mendapat suplay dan berputar sehingga robot bergerak maju. Jadi pada saat tidak demikian maka motor tidak mendapat supply, misal salah satu sensor saja terkena line dan membuat LDR tidak menerima pantulan cahaya maka motr di bagian tersebut diam dan motor yang lain berputar dan membuat LDR tersebut kembali mendapat pantulan cahaya dan robot kembali bergerak maju.

DMCA.com

1 Komentar Untuk Artikel " Robot Line Follower Dengan 2 Transistor" »

Buat Pesan Untuk Artikel "Robot Line Follower Dengan 2 Transistor"

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

1+8 (Wajib di jawab)